Rabu, 08 Mei 2013

Penjelasan FUP 1 dan FUP 2 Paket Unlimited Smartfren

Kali ini saya akan membahas lagi seputar Smartfren yaitu penjelasan tentang FUP 1 dan FUP 2 pada Paket Unlimited (Neo Unlimited) Smartfren. Mungkin pengguna Smartfren sudah pada tahu ya tentang adanya FUP 1 dan FUP 2 Smartfren ini, solanya FUP 1 dan FUP 2 pada Paket baru Smartfren sudah berlaku sejak Maret 2013 kemarin. Sebenarnya saya sudah tahu juga sih, akan tetapi kemarin-kemarin kabar tentang adanya FUP 2 Smartfren ini masih simpang siur, ada yang mengalami FUP 2 dan ada yang tidak pernah mengalami, ini menurut penuturan pengguna selama menggunakan Paket Unlimited Smartfren.
Lantas apa sih sebenarnya FUP 1 dan FUP 2 itu? Kalau cuma sekedar FUP pasti sudah pada tahu kan, tapi ini kok ada FUP 2 segala ya? Untuk lebih jelasnya, pertama-tama lihat tabel Paket Unlimited Smartfren berikut.
Paket Neo Unlimited Smartfren
* Berlaku aturan pemakaian wajar, setelah melampaui batas FUP kecepatan download s/d 153 Kbps, kemudian apabila pemakaian selanjutnya telah mencapai nilai FUP 2 yang telah ditentukan, kecepatan akan diturunkan menjadi 64 Kbps sampai masa berlaku paket berakhir.
* Tarif berlaku mulai 1 Maret 2013.
* Tarif sudah termasuk PPN. Waktu mengikuti zona WIB
* Setelah masa berlaku paket habis, maka pelanggan akan dikenakan tarif regular sesuai dengan tarif dasar layanan data
* Untuk semua Paket Smartfren Connex Neo Unlimited berbasis Bulanan, diberlakukan sistem Auto Renewal, Paket Internet akan diperpanjang diHari ke 30 (tiga puluh)
Anda lihat saja pada daftar Paket Data bulanan Smartfren di atas, misalkan saja padapaket Neo Regular. Di sana bisa anda lihat FUP (FUP 2), untuk paket Neo Regular tertulis 2 (1) GB/30 Hari. Artinya apa? Jika anda berlangganan paket Neo Regular Smartfren, maka anda akan mendapatkan kuota pertama sebesar 2 GB dengan kecepatan up to 512 Kbps. Jika kuota 2 GB sudah habis, berarti anda sudah kena FUP 1, kecepatan akan diturunkan menjadi 153 Kbps. Selama menggunakan kecepatan 153 Kbps ini anda akan diberikan kuota lagi sebanyak 1 GB. Dan setelah 1 GB ini habis maka anda memasuki FUP 2. Pada FUP 2 ini kecepatan internet akan diturunkan lagi menjadi 64 Kbps. Selama menggunakan kecepatan 64 Kbps ini anda bebas memakaiinternet tanpa dibatasi kuota hingga masa berlangganan paket habis. Orang kecepatan 64 Kbps sangat-sangat lemot kok.
Begitu juga pada paket Neo Premium dan Xtra Premium. Pada paket Neo Premium anda akan mendapatkan 6 (2) GB/30 Hari. Kuota pertama 6 GB >> FUP 1 >> kuota kedua 2 GB >> FUP 2.
Nah ada satu pertanyaan lagi, bagaimana kita bisa tahu kuota pemakaian paketUnlimited ini sudah habis? Atau bagaimana cara kita tahu kalau sudah memasuki FUP 1 maupun FUP 2. Sebenarnya pertanyaan ini sangat penting sih soalnya anda tahu sendiri kan akhir-akhir ini Smartfren sering mengalami gangguan jaringan yang menyebabkan koneksi internet sangat lemot. Nah jika anda pengguna paket Unlimited, saat koneksi anda tiba-tiba lemot pasti yang terpikir ada 2, ini paket saya sudah memasuki FUP atau Smartfren sedang mengalami gangguan jaringan? Soalnya saya sendiri sering mengalami hal demikian. Saat sedang asyik-asyiknya internetan tiba-tiba lemot. Pertama sih saya menduga, wah sudah kena FUP nih. Tapi ternyata besoknya koneksi kembali normal. Berarti yang kemarin cuma gangguan jaringan saja.
Untuk mengetahui anda sudah memasuki FUP atau belum, anda bisa mengeceknya dengan login ke Halaman Member Smartfren yaitu di http://data.smartfren.com. Tapi sebelumnya anda harus mendaftar dahulu, jika nomor anda belum terdaftar silahkan lakukan registrasi dahulu dengan mengklik tombol registrasi, silahkan baca lagi tutorialCara Registrasi/Aktivasi Kartu Modem Smartfren Via SMS atau Online Via Website.
registrasi smartfren
Jika anda sudah masuk ke member area Smartfren, silahkan pilih pada menu Usage History
usage history smartfren
Kemudian anda tentukan saja pemakaian pada tanggal berapa saja, misal pemakaianinternet pada tanggal 3 Mei 2013, kemudian klik Get Log
pilih tanggal pemakaian internet smartfren
Maka histori pemakaian kuota internet pada hari itu akan ditampilkan.
histori pemakaian kuota smartfren
Cara ini agak lama sih solanya kita harus manual menjumlahkan pemakaian kuota satu per satu (per hari). Histori tidak bisa ditampilkan langsung 1 bulan. Jadi anda cek saja satu-satu pemakaian kuota, misal dari tanggal 1 April sampai 30 April kemudian anda jumlahkan. Dengan begitu anda bisa mengetahui apakah anda sudah kena FUP atau belum. Jika anda beruntung, anda bisa mendapatkan kecepatan konstan 512 Kbps walau pemakaian sudah melebihi kuota yang ditentukan.
Oke, ini sedikit penjelasan tentang apa itu FUP 1 dan FUP 2 pada paket Smartfren dan juga sedikit penjelasan cara mengetahui pemakaian kuota internet Paket UnlimitedSmartfren. Semoga bisa menambah pengetahuan anda.

0 komentar :

Posting Komentar

Bagi yang mau request software, games, dan lain-lain komen aja disini. . . . :)

Template by:

Free Blog Templates